Istilah-istilah penting dalam energi matahari (solar energy)

Oleh: Tri Ayodha Ajiwiguna

Energi matahari merupakan salah satu energy terbarukan yang dapat dikatakan paling banyak di bumi. Namun seperti halnya energy terbarukan lainnya, energi ini bersifat fluktuatif. Karena adanya rotasi bumi pada porosnya maka energi matahari hanya tersedia di lokasi tertentu hanya pada saat pagi hingga sore. Namun, di malam hari lokasi tersebut tidak mendapatkan energi matahari secara langsung. Dalam bidang energi matahari ada beberapa istilah penting untuk menunjukkan parameter penting, anatara lain:

Air mass (m): Rasio massa atmosfer yang dilalui pancaran radiasi dengan massa atmosfer yang dilalui radiasi jika matahari berada di zenith (tepat di atas). Dengan definisi ini maka pada elevasi 0 m dpl dan matahari tepat di atas, nilai m adalah 1. Jika sudut zenith 60o, maka nilai m adalah 2. Untuk pendekatan pada sudut zenith 0o-70o dapat digunkan persmaan di bawah ini :


Beam radiation (pancaran radiasi):Radiasi matahari yang diterima pada permukaan dari matahari tanpa hamburan oleh atmosfer.

Diffuse radiation (Radiasi difusi):Radiasi matahari yang diterima pada permukaan setelah terhambur oleh atmosfer.

Total solar radiation (Radiasi total matahari):Jumlah total dari beam radiation and diffuse radiation pada permukaan.

Irradiance (Intensitas radiasi): laju energi radiasi per satu satuan luas sebuah permukaan. Biasanya variable ini disimbolkan dengan G.

Irradiation atau Radiant exposure:Energi radiasi yang datang per satuan luas sebuah permukaan, dapat dihitung dengan cara mengintegralkan Intensitas radiasi pada waktu tertentu. Khusus untuk radiasi matahari sering kali digunakan istilah Insolation (Insolasi). Untuk insolasi dalam satu hari biasanya disimbolkan dengan H. Sedangkan untuk periode yang lain (biasanya 1 jam) digunakan symbol I.

Selain itu simbol G, H, dan I sering kali disandingkan dengan subscript o, b, dan d yang munjukkan radiasi di atas atmosfer, panacaran radiasi (beam) dan difusi radiasi. Contohnya Gb, simbol ini berarti besarnya irradiance yang datang dari pancaran langsung matahari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Komunikasi Suami Isteri

Family Fun Time With Colour to Life Faber-Castell

Mengenal Spektrum Elektromagnetik