Jualan Online? Ini Dia Fitur Instagram untuk Membantu Jualanmu
Seiring dengan maraknya online shop di Indonesia, sekarang hampir semua brand, baik itu skala UKM atau brand besar, memiliki akun media sosial untuk menjadi marketing channel dan penjualan mereka. Tentu saja, Instagram sebagai salah satu media sosial paling populer di Indonesia, menjadi pilihan utama bagi penjual untuk memasarkan produk dan pembeli untuk mencari produk-produk yang menarik. Umumnya, akun brand di Instagram digunakan untuk membagikan foto atau video produk, repost testimoni dari pelanggan, atau mengumumkan informasi tentang promo, jadwal libur toko, dan lain-lain.
Ternyata, berjualan di Instagram tidak terbatas dengan aktivitas yang disebutkan di atas saja. Melihat peluang banyaknya aktivitas belanja online, Instagram menyediakan fitur-fitur yang memudahkan proses belanja bagi penggunanya. Berbagai fitur Instagram ini wajib banget diketahui oleh pelaku jualan online untuk meningkatkan performa bisnisnya. Apa saja fiturnya?
1. Instagram Business
Jika kamu punya akun khusus untuk berjualan, kamu bisa mengubah tipe akun itu menjadi akun bisnis. Keuntungan dari akun bisnis adalah:
- mendapatkan insightdari aktivitas akun Instagram-mu. Kamu bisa mengetahui performa dari setiap postdan stories-mu dan bagaimana para follower berinteraksi di akunmu.
- mengiklankan post-mu ke segmen tertentu di Instagram. Kamu bisa mengatur berapa budget yang kamu keluarkan dan target segmen yang kamu incar untuk mendapatkan iklanmu.
- menambahkan informasi lebih detail tentang brand-mu, seperti jam kerja, lokasi, dan nomor telepon.
Well, as a blogger, akun instagramku sudah pakai yang bisnis lho. Iya fungsinya juga kurang lebih sama untuk mendapatkan insight dari promosi atau endorse dari produk yang aku review di blog dan di instagram juga. Sekarang hampir semua brand dan klien yang meminta bantuan blogger juga meminta insight impression dari media sosial termasuk dari Instagram.
2. Visual shopfront
Setelah kamu mempunyai akun bisnis di Instagram, kamu bisa membuat halaman profil Instagram-mu layaknya sebuat toko virtual. Kamu bisa mengunggah foto-foto produkmu ke konten Instagram, kemudian tag produk jualan kamu yang ada di foto tersebut. Dengan tag produk, kamu bisa menghubungkan konten tersebut dengan produk yang ada di website brand kamu.
Sumber: Instagram Business
Follower atau pengguna Instagram cukup tap gambar yang kamu unggah, dan mereka sudah bisa melihat informasi produk seperti nama produk dan harga, sehingga memudahkan mereka untuk berbelanja di halaman Instagram kamu.
3. Berjualan di Instagram stories
Fitur keren di atas tidak hanya berlaku untuk konten Instagram post. Saat ini, Instagram juga membuat fitur yang sama untuk Instagram stories. Penjual bisa membuat stories dan memberikan informasi produk secara mudah dengan menghubungkan ke brand website. Dengan adanya fitur ini, brand-brand bisa memasarkan produk mereka secara kreatif dengan tetap memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses produk mereka.
Sumber: Instagram Business
4. Shopping di bagian Explore
Kalau kamu pergi ke menu Explore (berbentuk icon kaca pembesar), kamu bisa melihat topik-topik dari konten yang relevan dengan minatmu. Instagram juga memanfaatkan menu Explore ini untuk aktivitas belanja. Saat ini, Instragam sedang menguji coba fitur Explore untuk belanja dengan memunculkan topik “Shopping” untuk pengguna yang tertarik belanja online. Di dalam channeltopik Shopping tersebut, pengguna bisa melihat konten shopping dari online brands yang belum dia ikuti.
Oleh karena itu, sebagai brand atau penjual di Instagram, kamu wajib mempromosikan produkmu dengan konten tipe shopping, agar kontenmu bisa muncul di halaman explore calon pembelimu.
Dari review fitur belanja di atas, bisa dibilang bahwa Instagram cukup responsif melihat kebutuhan dari penggunanya untuk belanja. Bisa dibilang, media sosial saat ini bukan sekadar platform untuk berbagi dan menjalin hubungan dengan orang lain, tapi juga sebagai platform untuk berbelanja. Tentunya, sebagai penjual yang memasarkan brand-nya di media sosial, kamu juga harus tahu dengan perilaku konsumen online saat ini. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah tersedia.
Sayangnya, Instagram belum menyediakan fitur bagi brand untuk membagikan testimoni atau review produk dari pelanggannya. Untuk tahu cara bagaimana kamu bisa repost postingan dari pelangganmu, silahkan cek caranya di https://review.bukalapak.com/techno/cara-repost-foto-di-instagram-19846.
Gimana siap kan melebarkan sayap dan memperkuat senjata untuk bisnis onlinemu? Jangan lupa manfaatkan fitur-fitur instagram tadi ya.
Good luck!
Komentar
Posting Komentar